Cari di Blog Ini

Menggunakan Menu Fill Untuk Membuat Rangkaian Data

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara membuat Rangkaian data pada microsoft excel  nah berikut ini biar lebih lengkap penulis tambahkan trik bagaimana membuat Rangkaian data dengan menggunakan menu FILL
1. Tempat kursor pada sel yang akan diisi data
2. Pada ribbon Home Editing klik Ikon Fill (panah ke bawah)
3. Pilih data yang ingin dimasukan
- Down, untuk menyalin isi sel yang terletak tepat di atas sel yang aktif
- Right, untuk menyalin isi sel yang terletak tepat di sebelah kiri sel yang aktif
- Up, untuk menyalin isi sel yang terletak tepat di bawah sel yang aktif
- Left, untuk menyalin isi sel yang terletak tepat di sebelah kanan sel yang aktif


Trik Excel Memasukkan Rangkaian Data.

Rangkaian data yang dimaksud disini adalah data-data yang berurut misalkan angka, huruf bulan dan lain-lain. Dengan teknik ini kita tidak perlu mengetika semua data berurut yang kita perlukan.
1. Buatlah data awal
2. Klik (seleksi) sel data tadi
3. Arahkan mouse pointer ke pojok kanan bawah sel, tepatnya kotak hitam kecil (Fill Handle). Klik dan tarik fill handle tersebut ke bawah atau ke samping, tergantung kebutuhan.
4. Untuk membuat rangkaian angka, data awal minimal di isi dalam 2 sel.
5. Apabila ingin memasukan data otomatis baru,
- klik Microsoft Office ButtonAxcel Option.
- Pada halaman Popular klik Edit Custom List…
- Pada kotak dialog yang muncul, pilih NEW LIST, dan ketikan daftar data baru di kolom List entries: Lalu tekan Add - OK.

Beberapa Trik Instan Bekerja Dengan Excel

A. MEMBUAT GRAFIKNYA HANYA DENGAN F11
Mungkin selama ini anda membuat grafik selalu menggunakan insert|chart yang akan melalui step panjang dan rumit oleh karena itu saya akan memberitahukan membuat grafik hanya dengan menekan f11 .ikuti langkah berikut ini :
1) Buka program EXCEL
2) Kita buat dulu tabel seperti berikut ini :
Untitled-1
3) Setelah itu kita sorot range A7 : A11 lalu kemudian tekan f11 pada keyboard.
4) Setelah itu perhatikan gambar 1.2 hasilnya grafik akan tampil pada sheet2 dengan nama sheet char1
2
B. DATA KOLOM JADI BARIS
Trik selanjutnya kita akan mengubah table dari vertical menjadi horizontal
1. Kita buat tabel seperti gambar berikut :
3
2. Sorot range A6 : B14 lalu klik kanan lalu klik copy.
3. Tempatkan petunjuk cel di A16 klik kanan setelah itu pilih paste special
4. Pada kotak dialog paste di tampilkan tandai kotak transpose lalu klik ok lihat gambar berikut ini :
4
5. Hasilnya tabel yang tadinya berbentuk kolom menjadi baris seperti gambar berikut ini :
5

C. MENAMBAHKAN DAN MENGHAPUS
Trik selanjutnya ini akan mengajarkan anda bagaimana menambahkan dang menghapus baris maupun kolom dengan hanya menekan tombol ketboard.
1. Siapkan lembar kerja baru untuk insert tabel tekan (CTRL T)
2. Sorot kolom B , kemudian tekan (CTRL +)bersamaan maka kolom baru akan di tambahkan
3. Lakukan langkah yang sama untuk menambahkan baris .untuk menghapus baris atau kolom tekan (CTRL -) secara bersamaan.

D. MENAMPILKAN DUA ATAU LEBIH JENDELA
Trik selanjutnya untuk membuka dua atau jendela excel anda dapat memanfaatkan fasilitas windows ikuti langkah berikut :
1. Sebagai contoh buka kembali data kesatu yang kita buat pada trik yang sebelumnya
2. Setelah itu klik menu view kemudian pilih new window, maka secara otomatis excel akan menduplikasi jendela anda.
3. Setelah itu pada data kedua pada trik yang sebelumnya klik menu view kemudian plih arrange dari kotak dialog yang tampil anda opsi vertical lalu klik OK. Maka hasilnya seperti gambar berikut:

6

SUMBER

Beberapa Teknik Pengolahan Data Pada Excel

A. Mengubah isi sel
1. Cara 1. Seleksi sel yang akan di ubah, tekan F2
2. Cara 2. Seleksi sel yang akan di ubah, perbaikin teks melalui Formula Bar
3. Cara 3. Klik 2 kali (Double click) pada sel yang akan di ubah, setelah muncul kursor teks, artinya sel tersebut dapat diperbaiki.
B. Memindahkan data
1. Menggunakan Copy-Paste, untuk memperbanyak data
2. Menggunakan Cut-Paste, untuk memindahkan data
3. Menggunakan Format Painter, untuk memindahkan formatnya saja tanpa content (isi)
4. Menggunakan Clipboard, klik dropdpwn Clipboard, maka akan muncul jendela di sebelah kanan data apa saja yang pernah di copy, untuk menggunakannya kembali tinggal pilih dan klik.

 Semoga bermanfaat 
Thank To M. Rustam

Macam-macam paste (klik dropdown Paste) pada Microsoft Excel

Mungkin bagi kita yang sering bekerja dengan program Microsoft Excel pasti sering melakukan yang namanya Copy dan Paste, dan pastinya akan kita temui beberapa opsi pada saat kita akan melakukan paste pada lembar kerja excel. Nah berikut penulis berikan penjelasan apa saja maksud dari opsi-opsi berikut :
  • Paste, untuk melakukan paste biasa
  • Formulas, untuk paste formulanya saja
  • Paste Values, melakukan paste hanya nilainya saja
  • No Borders, melakukan paste tanpa disertai dengan border (jika yang di copy atau di cut mempunyai border)
  • Transpose, mengubah data di dalam baris menjadi kolom atau sebaliknya
  • Paste Link, paste sebagai link
  • Paste Special…, paste dengan kondisi khusus
  • Paste as Hyperlink, paste sebagai hyperlink, biasa digunakan untuk melakukan referensi dari data yang diambil, baik antarworksheet maupun antarworkbook
  • As Picture…, menyalin sebagai gambar
Itulah bebrapa penjelasan dari beberapa opsi yang ada pada menu Paste jika ada yang belum difahami, keliru maupun ingin menambahkan silahkan tinggalkan di kotak komentar.
Semoga bermanfaat.

Pengikut