Cari di Blog Ini

Membuat Header dan Footer Berbeda Pada Halaman Word

Terkadang kita perlu memberikan header dan footer pada dokumen dimana header berada pada atas halaman dan footer di bagian bawah yang bisa berupa teks maupun gambar. Footer dan header bisanya berfungsi selain untuk mempercantik juga untuk mengingatkan pembaca tentang bagian apa yang sedang ia baca. Akan tetapi seperti kita tahu saat kita memberikan header dan footer pada dokumen kita semua halaman secara otomatis akan memiliki header dan footer yang sama padahal pada beberapa kasus kita ingin memberikan header yang berbeda pada sejumlah halaman.

Seperti contoh ketika kita membuat makalah pada halaman kata pengantar ataupun daftar isi kita tidak perlu memberikan Header dan pada halaman Bab I baru kita berikan Header lalu pada Bab II pastinya header yang kita inginkan pastinya berbeda juga. Hal ini bisa di akali dengan membuat filenya sendiri yakni file dokumen kata pengantar, daftar isi Bab I, Bab II cara tersebuat sah-sah saja dilakukan akan tetapi pasti tidak efektif bukan?

Nah pada artikel kali ini berisi trik bagaimana memberikan Header dan Footer yang berbeda pada beberapa halaman. Yang perlu kita lakukan adalah membuat Section yang dimakusud Section adalah mengelompokkan beberapa halaman menjadi satu kelompok. Caranya adalah sebagai berikut:
Sebelum header atau footer dibuat/diisikan, terlebih dulu kita menentukan setiap section yang hendak dibuat. Contoh pada ilustrasi berikut, teks Bab II akan dipisahkan menjadi section yang berbeda dengan Bab I di atasnya.

  1. Letakkan kursor sebelum teks "Bab II"
  1. Klik Page Layout pada menu, pilih icon Breaks  >> Next Page (atau gunakan shortcut: Alt+I, B).
Setelah langkah ini, semua teks setelah Bab II akan diletakkan di halaman baru yang berada di section berbeda dengan Bab I sehingga dapat dibuat header atau footer yang juga berbeda. Untuk menambahkan header atau footer yang berbeda langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Klik bagian header atau footer, lalu isikan header atau footer yang dikehendaki.
  2. By default, setiap section mengikuti header dan footer section sebelumnya. Arahkan kursor ke section berikutnya (dalam kasus ini halaman di Bab II), kemudian klik (non-aktifkan) button Link to Previous. 

Setelah button Link to Previous menjadi non-aktif, Anda dapat mengetikkan header atau footer apapun tanpa mempengaruhi header atau footer di section sebelumnya.

TIPS: Anda juga dapat men-check checkbox "Different First Page" untuk mendapatkan header atau footer yang berbeda di halaman pertama setiap section. Juga "Different Odd & Even Pages" untuk mendapatkan header dan footer yang berbeda di setiap halaman pada setiap section. 

0 komentar :

Posting Komentar

Pengikut